Minggu, 23 Desember 2018

Indonesia Lunasi 51,2% Saham Freeport

Sebanyak 51,2% Saham Freeport akhirnya berhasil dikuasai oleh Indonesia melalui Inalum. Inalum atau PT Indonesia Asahan Alumunium kahirnya dapat melunasi pembayaran divestasi saham milik PT Freeport Indonesia sebanyak 51,2% saham. Artinya, sebagian besar saham freeport telah menjadi milik Indonesia setelah sebelumnya dikuasai oleh Perusahaan asal Amerika Serikat.
Saham Freeport
Saham Freeport

Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar gembira ini di Istana Merdeka. Dalam penyampaian kabar ini Presiden Joko Widodo didampingi oleh Meneteri energi dan sumber daya mineral, Menteri BUMN, Menteri Keuangan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, CEO Freeport Indonesia, dan Direktur Utama Inalum.

Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa hal ini merupakan peristiwa bersejarah dikarenakan semenjak tahun 1973 Indonesia baru memiliki saham freeport lebih dari 50%. Presiden Joko Widodo menerangkan bahwa dirinya baru saha menerima laooran dari seluruh menteri yang terlibat , CEO Freeport, Dirut Inalum yang menyampaikan bahwa 52,3% saham yang dimiliki oleh Freeport Indonesia telah beralih ke PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan dibayar lunas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar